Comments Off

Dinas Pertanian Aceh Timur Terapkan Metode Padi SRI

Kepala Dinas Pertanian Aceh Timur, Ir. H. Anas Johan, MBA.MM.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Timur, Ir. H. Anas Johan, MBA.MM.

Aceh Timur, Inspirasibangsa (29/8) — Kabupaten Aceh Timur sebagai salah satu daerah dukungan produksi padi dan untuk pencapaian hasil maksimal Dinas Pertanian setempat menerapkan pola tanam model Padi SRI terutama dalam upaya mendukung dua juta ton beras untuk Provinsi Aceh serta meningkatkan ketahanan pangan Nasional.
Kepala Dinas Pertanian Aceh Timur, Ir. H. Anas Johan, MBA.MM, kepada Wartawan, Rabu (28/8), mengatakan, guna mewujudkan metode tersebut pihaknya telah melakukan sosialisai metode tanam padi SRI dan pptimasi lahan yang dilaksanakan di UPTD Pertanian Kecamatan Peureulak Barat, Aceh Timur.
“ Aceh Timur merupakan daerah keempat produksi padi setelah Aceh Besar, Aceh Pidie dan Aceh Utara,” sebut Anas Johan sembari menjelaskan, sosialisasi padi model System of Rice Intensification (SRI) dan optimasi lahan dilakukan pihaknya kepada petani dalam wilayah Aceh Timur yang diwakili Kelompok Tani (POKTAN).
Terutama dalam memberikan pemahaman cara tanam padi secara technology, apabila selama ini petani menanam padi membutuhkan 30 hingga 40 kg benih/ha, namun penanaman pola SRI hanya membutuhkan 7 hingga 10 Kg benih/ Ha dan pola tanam juga berbeda dengan pola tanam biasanya.
“Pola tanam SRI dilakukan dengan jarak tanam 30×30 cm dengan umur benih 7 hari mengunakan biji tunggal yang ditanam disawah, keungulan system ini, mampu berproduksi 5,6 ton/ha, yaitu peningkatan produksi mencapai 100%,” pungkas Anas Johan seraya mengharapkan, melalui pola ini Aceh Timur dapat meningkatkan produksi gabah dalam tahun ini dan harus bertambah 300 hingga 700 kg/ ha dari produksi yang telah dihasilkan selama ini.
Lebih lanjut Ir. H. Anas Johan menyampaikan, pola SRI merupakan pola yang sangat menguntungkan petani, baik dari segi biaya produksi maupun hasil panen yang maksimal, dibandingkan pola yang biasa diterapkan petani selama ini, “ dengan pola ini petani jelas lebih untung dan dapat meningkatkan program ketahanan pangan nasional serta target dua juta ton padi Aceh,” demikian kata Kadis Pertanian Aceh Timur. (edi anwar).

Filed in: Daerah, Pertanian dan Pangan, Sektor riil, Sumatera Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.