Comments Off

Kabupaten Bandung Gelar Musrenbang

Musrenbangkab


SOREANG, Inspirasi Bangsa (13/3)— Keberhasilan pembangunan yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Bandung dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir telah mengalami perkembangan yang cukup baik. Hal ini ditandai dengan meningkatnya Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Bandung pada tahun 2012 mencapai 6,15%. Angka ini merupakan angka pertumbuhan tertinggi yang pernah dialami oleh Kabupaten Bandung selama kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir.
Pernyataan tersebut diungkapkan Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Bandung Tahun 2014 yang berlangsung di Gedung Moch.Toha Soreang, Senin (11/03).
Musrenbang dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Drs.H.Toto Suharto, M.Si, Wakil Ketua DPRD, Sugianto, S.Ag, M.Si, Wakil Bupati Bandung, H.Deden Rukman Rumaji, M.Ap, Sekretaris Daerah Ir.H.Sofian Nataprawira, MP, Kajari Bale Bandung, H.R.Sugiono, Ketua Pengadilan Negeri Bandung, H.Ahmad Sukandar, SH, MH, Kepala Bidang Ekonomi Bakorpembang Provinsi Jawa Barat, Drs. Ade Taryana serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bandung, Ir.Ernawan Mustika, MS.
Disamping adanya peningkatan LPE, menurut Dadang angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada Tahun 2012 cukup tinggi yaitu mencapai 75,24 point, “Angka ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2010 yang hanya mencapai 74,24, dan tahun 2011 sebesar 75,01 point. Kita patut mensyukuri karena angka IPM di tahun 2012 ini merupakan capaian tertinggi diantara seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat (Jabar), hal ini tentunya patut dipertahankan”, tegas Dadang Naser.
Dalam kesempatan itu, Bupati Dadang Naser menjelaskan bahwa pada tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Bandung akan berkonsentrasi pada 11 agenda prioritas pembangunan yaitu Reformasi Birokrasi, Pengembangan Wajib Belajar 12 Tahun dan Pendidikan Vokasional, Peningkatan Cakupan Pelayanan dan Kualitas Kesehatan, Pengurangan Kemiskinan Daerah dan Penyandang Masalah Sosial, Peningkatan Pelayanan Sarana dan Prasarana Dasar Wilayah, Peningkatan Kemudahan Bagi Pelaku KUMKM, Pengembangan Produk Unggulan, Rehabilitasi Kerusakan Lingkungan, Pemantapan Pembangunan Daerah dan wilayah Perdesaan, Pemantapan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat serta Pemantapan Kemandirian Pangan.
Lebih jauh Dadang Naser mengatakan, dalam rangka menjalin sinergitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Bandung dengan Provinsi Jabar untuk tahun 2014, pihaknya telah mengajukan usulan-usulan program dan kegiatan yang dilaksanakan melalui jalur RKPD Online serta Forum OPD (Organisasi Perangkat Daerah).
Usulan pertama yang telah diajukan sebanyak 57 Kegiatan dengan anggaran sebesar Rp.774.521.220.000. Namun dari hasil seleksi OPD Jabar, usulan Kabupaten Bandung menjadi 31 kegiatan dengan anggaran sebesar Rp.556.545.520.000.
“Usulan-usulan program dan kegiatan tersebut merupakan upaya pendekatan perencanaan partisipasif Kabupaten Bandung terhadap perencanaan pembangunan di Provinsi Jabar berdasarkan urusan dan kewenangannya. Oleh karenanya kami sangat berharap, Pemprov Jabar bisa memperhatikannya sebagai bagian dari program prioritas pembangunan provinsi Jabar. Dan bagi setiap OPD yang telah mengusulkannya, agar lebih konsens untuk menindaklanjuti dengan memperjelas serta mempertegas program yang diusulkan”,tandas Dadang.
Sementara Kepala Kabid Ekonomi Bakorpembang Jabar, Ade Taryana menyebutkan bahwa tantangan perekonomian di wilayah Jabar pada tahun 2014 cukup banyak. Diantaranya adalah masih terdapat ketimpangan yang cukup besar pada LPE antar Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
Kemudian, lanjut Ade, proporsi angka kemiskinan dan pengangguran walaupun ada kecenderungan menurun namun pada beberapa tahun kedepan diperkirakan masih relatif besar, sehingga program pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja harus masih menjadi prioritas
“Oleh karena itu kami berharap Musrenbang ini bisa menghasilkan rencana pembangunan daerah Kabupaten/Kota yang berkualitas. Dan kepada para Bupati/Walikota hendaknya bisa melakukan terobosan-terobosan pembangunan yang lebih maksimal agar kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jabar bisa lebih meningkat lagi di Tahun 2014″, ucapnya pula. (Dud’s)

Filed in: Daerah, Jawa, Jawa Barat Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 9796 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.