Comments Off

Labuhan Keude Jadi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari

Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Aceh Timur, Mariani saat memanen perdana hasil pertanian rumah pangan lestari di gampong Labuhan Keude, Kec Sungai Raya, Selasa (2/6).


ACEH TIMUR, Inspirasi Bangsa (3/7)— Gampong Labuhan Keude, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur kini menjadi salah satu gampong model kawasan rumah pangan lestari dari Kementrian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh.
Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Aceh Timur, Mariani Binti Sulaiman pada lauching model kawasan rumah pangan lestari (MKRPL) dan worshop pengolahan serta diversitasi pangan gampong Labuhan Keude, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (2/7) mengatakan, bahwa konsep rumah pangan lestari sejalan dengan program PKK, dimana beberapa konsepnya yaitu kemandrian pangan dalam rumah tangga.
“Masih banyak kita lihat perkarangan disekitar rumah yang cukup luas, tetapi tidak dimamfaatkan oleh pemiliknya,” ujarnya seraya mengatakan, padahal lahan perkarangan dapat dijadikan sebagai lahan produktif serta mempunyai nilai eknomis baik untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari maupun dijual kepasar.
Mariani menghimbau kepada semua tim penggerak PKK disetiap tingkatan baik ditingkat kecamatan dan gampong untuk mendukung dan berperan aktif dalam pelaksanaan program kawasan rumah pangan lestari ini. “ Hal itu penting agar program dimaksud bisa berjalan dengan baik dan mampu memberikan progres nyata bagi peningkatan kualitas kesejahteraan keluarga serta masyarakat gampong ini sendiri terutama kaum perempuan di gampong harus bisa berperan aktif menjadi agen pembaharu.
Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua I Penggerak PKK Aceh Timur mengharapkan untuk kedepan dapat terbentuk model tersebut minimal satu gampong di setiap kecamatan dalam kabupaten ini. “ Sehingga nantinya akan terdapat 24 model kawasan rumah pangan lestari di Aceh Timur dan untuk terwujudnya program dimaksud agar semua sektor terkait dapat mendukung kegiatan ini serta partisipasi aktif dari masyarakat gampong,” pinta Mariani.
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, Agus seusai acara tersebut mengatakan, untuk Aceh Timur hanya ada dua gampong yang menjadi model ini yakni gampong Labuhan Keude dan Gelanggang Merak, Kecamatan Paureulak Timur.
“Kami berterimakasih juga kepada Balai Penyuluh Kecamatan Sungai Raya yang telah membina dan memotivasi warga dalam menjalankan program ini,” sebut Agus sembari menambahkan, untuk berjalannya program tersebut warga mendapat bantuan bibit selama 5 kali panen dari BPTP Aceh. (edi anwar)

Filed in: Daerah, Sumatera Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.