Comments Off

Masyarakat Karang Tengah Keberatan PKS di Pemukiman

Lokasi PKS Desa Karang Tengah


Sergai, Inspirasi Bangsa (8/10)— Masyarakat Desa Karang Tengah Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) merasa keberadaan dan menolak pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dilingkungan pemukiman warga.
PKS tersebut disebut-sebut milik warga turunan dari luar daerah dibangun dikawasan ramai penduduk tepatnya di jalan utama Serba Jadi – Galang Kabupaten Deli Serdang di dusun II Desa Karang Tengah, sehingga hal tersebut menjadi pembicaraan warga sekitarnya.
Berdasarkan papan plank proyek yang terpasang dilokasi pembangunan PKS itu bahwa izin dikeluarkan Pemkab Sergai/ KP2T, atas nama PT. Multi Agrindo Sumatera, Nomor 043/06/III/KP2TPM/2012, jenis bangunan Jasa Komersial dengan jumlah 12, yang disebut-sebut pengusaha dari luar daerah.
Sebagaimana yang diungkapkan Irwan Sitorus, SH (45) dan Edy Sinuhaji (38) keduanya warga Dusun I Desa Karang Tengah Serba Jadi, kepada Inpirasi Minggu di Serba Jadi, mengatakan bahwa masyarakat disekitar dimana akan dibangunnya PKS yang saat ini dalam proses pengerjaan, kami mersa keberatan dan menolak pembanguan PKS. Itu.
Memang dari segi lapangan pekerjaan akan membantu, namun paling-paling sebagai buruh kasar yang sewaktu-waktu dapat saja dibuang, karena pengusahanya orang luar yang tentu saja akan membawa pekerja-pekerja dari luar juga.
Menurut Sitorus keberatan mereka, cukup beralasan, bila nantinya PKS tersebut diantaranya dibangun dilingkungan pemukiman masyarakat, diyakini akan menimbulkan polusi udara, pihak pengusaha tidak mempunyai kebun pendukung pengadaan bahan baku (TBS), karena tidak mempunyai kebun sawit, ujar Sitorus.
Selain itu pihak perusahaan tidak mempunyai lahan pembuangan limbah, mereka hanya mempunyai hamparan lahan seluas 7 ha, kalaupun mereka membangun instalasi limbah diyakini tidak akan memadai, dan tidak mempunyai saluran yang siap menampung pembungan limbah akhirnya, dan yang jelas akan menggagu warga, tambah Sitorus.
Kalau dalam jangka pendek, beroperasinya PKS tersebut mungkin, belum menimbulkan dampak buruknya, tetapi lama-kelamaan pasti akan kami rasakan bau busuk dari limbahnya. Banyak telah terjadi perusahaan/pabrik pengelohan yang mengeluarkan limbah awalnya berjalan mulus, namun setelah beberapa kemudian akan menjadi ribut dengan masyarakat sekitar.
Untuk itu kami warga Serba Jadi khususnya Desa Karang Tengah berharap kepada pihak Pemerintah untuk meninjau ulang atau membatalkan izin yang telah dikeluarkan. Sebelum mengeluarkan izin hendaknya pihak yang berwenang untuk lebih dahulu mensurvey ke lapangan, terutaman izin HO (hinder ordinance)nya. tambah Edy.
Irwan Sitorus dan Edy Sinuhaji menduga sebagian tandatangan warga yang digunakan untuk memohon izin ada yang dipalsukan, karena ada warga yang nama terdapat didalam daftar memberikan persetujuan akan dibangunnya PKS diderah ini, menyatakan tidak pernah membubuhkan tanda tangannya, dan mereka siap membuat pernyataan keberatan dan menolak dibangunnya PKS tersebut.ujar keduanya. (Bar).

Filed in: Daerah, Sumatera Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.