Comments Off

Pemimpin Indonesia, Aspirasi Rakyat

Ist


Bandung, Inspirasi Bangsa (28/11)— Oleh Dian Prana Putra Hutajulu Universitas Padjadjaran Fakultas:Ilmu Komunikasi. Negara Indonesia merupakan negara demokrasi yang melakukan pemilihan umum (pemilu) memilih presiden. Presiden Indonesia, Pak SBY sudah menjabat dua periode dalam memimpin Indonesia. Tahun 2014 akan diadakan pemilu presiden yang baru. Akhir-akhir ini sudah banyak tokoh yang disebut sebagai calon presiden Indonesia yang baru. Rhoma Irama, Prabowo Subianto, Megawati, Dahlan Iskan, Aburizal Bakrie, Mahmud MD bahkan Jokowi disebut sebagai calon presiden 2014. Nama-nama ini dinyatakan dapat memimpin Indonesia menjadi negara yang maju.
Sesuai ciri negara demokrasi, rakyat ikut serta dalam menentukan presiden Indonesia secara mutlak. Selama ini banyak anggapan bahwasanya untuk menjadi presiden Indonesia harus belatabelakangkan militer. Namun, anggapan ini tidak secara mutlak menjadi dasar memilih presiden di Indonesia. Megawati mantan presiden Indonesia merupakan tamatan SMA. Pak Gusdur juga berasal dari dunia pesantren. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia tidak lagi menjadikan militer sebagai calon pemimpin yang ideal. Memilih presiden harus tepat dan akurat. Sebuah negara dikatakan sebagai negara maju bergantung kepada pemimpinnya. Oleh karena itu, presiden bukan hanya sekedar presiden yang berorasi sewaktu kampanye yang menyebutkan janji-janjinya.
Namun, seorang presiden harus menjadi aspirasi rakyat yang selalu peduli dan turun ke lapangan demi kepentingan rakyat.
Pandangan masyarakat dewasa ini sangat apresiasi kepada Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta. Jokowi tidak hanya diam dan duduk di gedung gubernur, melainkan turun ke lapangan untuk mengetahui masalah yang terjadi dan mengidentifikasi solusi yang tepat untuk dilakukan. Bentuk pemimpin yang seperti Jokowi menjadi sorotan rakyat DKI Jakarta termasuk rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia butuh pemimpin yang turun dan melihat permasalahan yang terjadi di lingkungan Indonesia. Untuk itu, masyarakat Indonesia mulai sadar dalam memilih dan menentukan presiden Indonesia periode 2014-2019. Mata masyarakat terbuka dalam mencari sosok presiden yang peduli terhadap Indonesia. Menjadi seorang pemimpin yang baik memang tidak mudah. Namun, jika ada niat dan kemauan untuk menjadi agent of change (agen pembawa perubahan) di Indonesia pasti bisa. Banyak permasalahan di Indonesia yang belum selesai. Di sektor ekonomi, politik, industri bahkan hukum terlihat jelas masalah manipulasi yang terjadi. Padahal sektor ini sangat penting dan berdampak besar bagi Indonesia. Sangat diharapkan pemimpin Indonesia dapat membawa perubahan bagi Indonesia.
Tiga unsur penting yang harus dimiliki seorang pemimpin negara yaitu 1. Memperkaya diri dengan orang lain. Kita belajar dan mengetahui informasi tidak hanya melalui media cetak, internet, dan gadget. Kedudukan orang lain bagi seorang pemimpin sangat penting. Orang lain merupakan sarana untuk mendukung keberadaan seorang pemimpin. 2. Memiliki kredibilitas yang tinggi. Hal ini sudah menjadi syarat untuk menjadi pemimpin. Pemimpin tidak sekedar pintar berkomunikasi, melainkan memiliki visi dan misi yang ingin dicapai. Kredibilitas ini menjadi alat untuk membantu kinerja pemimpin mencapai visi dan misi. 3. Adanya keterbukaan dalam kepemimpinan. Keterbukaan dalam kepemimpinan mendorong kepercayaan rakyat untuk dapat bersinergis dalam menyalurkan aspirasi. Sehingga tidak ada dusta dan keragu-raguan yang timbul. Ketiga unsur ini dapat menciptakan perubahan yang baik jika dimiliki seorang pemimpin negara.
Pemilu 2014 yang akan datang rakyat Indonesia diharpakan memilih presiden Indonesia yang peduli dan peka terhadap permasalahan yang terjadi. Tidak melihat dari latar belakang militer yang selama ini menjadi tolak ukur. Tetapi, melihat dari kredibilitasyang dimiliki calon pemimpin Indonesia kelak. Agar apa yang rakyat inginkan dapat tercapi demi kamajuan negara.

Filed in: Daerah, Jawa Barat, Mahasiswa, Opini Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.