Comments Off

Political Will Pemerintah Untuk Mendorong Produktifitas Pertanian

Ist

Ist


JAKARTA, Inspirasi Bangsa (4/9)— Mendorong produktifitas petani lokal merupakan salah satu cara untuk mengurangi kelangkaan pangan di dalam negeri. Karena kurangnya pangan di dalam negeri, tentu akan membuat kepanikan terhadap harga-harga di pasaran. Ketika harga di pasaran panik, maka pangan akan menjadi penyumbang terhadap inflasi.
Memang sedikit sulit untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia. Selain tanah yang tersedia semakin sempit, para petani pun mulai banyak yang kurang berminat untuk bertani. Karena bertani seolah-olah tidak lagi memiliki masa depan yang cerah. Untuk menanggulangi hal tersebut, tentu harus ada political will dari pemerintah. Artinya bahwa pemerintah memang berniat sungguh-sungguh untuk mengembangkan pertanian di Indonesia. Karena kesungguhan pemerintah untuk meningkatkan pertanian, merupakan langkah awal untuk mengurangi ataupun ketersediaan pangan di dalam negeri.
Salah satu contoh harga pangan yang semakin hari semakin tak menentu adalah kedelai. Ternyata kenaikan harga kedelaupun berdampak signifikan terhadap pengrajin tahu dan tempe. Sehingga banyak pengrajin tahu tempe yang menutup sementara produktivitas usahanya.
Politicical will seperti apakah yang akan mampu meredam harga pangan di pasaran? Salah satunya seperti mengubah peran Bulog yang hanya berfungsi mengurusi stabilitas beras menjadi stabilitas harga pangan seluruhnya, kemudian memberikan insentif yang besar kepada para petani untuk bisa bertani dengan baik dan benar, memberikan kebijakan terhadap seluruh perbankan yang ada di Indonesia untuk menyalurkan kredit/pembiayaan kepada petani, tidak memberikan izin sembarangan terhadap alih fungsi pertanian untuk bangungan perumahan, dan lain sebagainya.
Semoga langkah political will cepat ditindak lanjuti oleh pemerintah. Sehingga kelangkaan pangan yang menimpa negeri ini setiap saat, cepat ditanggulangi. (Hamli)

Filed in: Daerah, DKI Jakarta, Mahasiswa, Opini

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkini

© 6450 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.