Comments Off

Program Rp. 1 Milyar Per Desa / Kelurahan di Mura

Ilustrasi

Ilustrasi

Puruk Cahu, Inspirasi Bangsa (18/2)—Program Rp. 1 Milyar untuk setiap desa dan kelurahan yang menjadi program andalan Kabupaten Murung Raya (Mura), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan akan dikucurkan awal tahun 2014 ini, sangat didambakan dan ditunggu-tunggu sekitar 124 desa dan kelurahan di seluruh kabupaten seluas 27.000 kilometer persegi itu.

Harapan itu sebagaimana yang diungkapkan salah seorang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tumbang Bana, Kecamatan laung Tuhup-Mardi baru-baru ini kepada Wartawan di Puruk Cahu. Menurut Mardi bahwa masyarakat Desa Tumbang Bana yang merupakan sebuah desa terpencil di Sungai Tupuh (anak Sungai Laung yang bermuara ke Sungai Barito) itu, sangat berharap dengan adanya program Rp. 1 milyar untuk 1 desa/kelurahan tersebut.

“Desa kami bertetangga dengan Desa Narui yang jaraknya sangat dekat.kalau musim kemarau kedua desa yang berada di Sungai Tapuh ini bisa dibilang terisolasi. Kalau musim kemarau kami terpaksa menikmati jalan setapak untuk keluar desa kami.” Ujar Mardi sedikit mengeluh.

Sementara itu sebelumnya Bupati Mura-Perdie M. Yoseph saat berkunjung ke Desa Bana beberapa waktu lalu pernah meyakinkan warga bahwa dana Rp. Milyar itu akan efektif dikucurkan awal tahun 2014 ini, yang peruntukannya jelas untuk perbaikan infrastruktur seperti jalan dan jembatan serta sarana/prasarana lainnya. Dengan harapan agar belenggu keterisolasian yang masih ada di Mura, meskipun harus berjalan tahab demi tahab.

“Desa Tumbang Bara tergolong desa terpencil, karena akses untuk masuk desa ini hanya mengandalkan jalur sungai Tapuh, yang bila dalam keadaan surut akan sangat mengganggu semua upaya masyarakat setempat untuk membangun desa.” Ujar Perdie M. Yoseph.

Hanya saja tidak disebutkan sumber dana bantuan Rp. 1 per desa/kelurahan tersebut, apakah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari pemerintah pusat yang diprogramkan setiap tahun untuk pembangunan infrastrukstur Mura secara keseluruhan, namun diarahkan menjadi program bantuan desa. Ataukah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang memang diprogramkan secara khusus bagi setiap desa/kelurahan untuk dimanfaatkan secara swakelola? (Lind)

Filed in: Daerah, Kalimantan Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.