Comments Off

Tambang Emas Ilegal di Solok Selatan

Ist


PADANG, Inspirasi Bangsa (7/6)— Polres Solok Selatan, Sumbar sudah melimpahkan berkas 10 operator alat berat (ekskavator) yang terlibat dalam tambang emas ilegal di aliran Sungai Batang Hari, Kaupaten Solok Selatan. Selaian itu, Polda Sumbar juga sudah menetapkan Polda Sumbar akhirnya menetapkan 20 bos tambang liar di aliran Batang Hari, Solok Selatan (Solsel) dalam daftar pencarian orang (DPO).
Penegasan itu disampaikan Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Noer Ali pada wartawan kemaren. Kapolda juga menyebutkan, dalam operasi gabungan Polda Sum­bar dengan Polres Solsel sela­ma 10 hari terakhir, tidak me­nemukan lagi ekskavator yang beraksi di beberapa titik ka­wasan tambang liar di Solsel. “Alhamdulillah, tidak ada satu pun ekskavator yang kita temui setelah sepuluh hari tim gabungan Polda dan Polres melakukan penyisiran dan razia di beberapa titik yang selama ini diduga menjadi tempat beroperasinya ekska­vator,” jelas mantan Direktur Tipikor Mabes Polri ini.
Noer Ali berharap masya­rakat Solsel mendukung kepo­lisian menertibkan tambang liar. Razia gabungan Polda dan Polres Solsel dilakukan di Alai, Talantam Batang Bako, dan Batang Manggih “Selain melakukan pe­nyi­siran, Polda dan Polres juga me­nyebar intel untuk melacak keberadaan ekskavator. Saya telah mewanti-wanti dan tidak akan memberi ampun bagi anggota yang terlibat mem­bekingi dan mengawal praktik illegal mining­ Solsel,” ujarnya.
Terkait keberadaan warga negara asing yang terlibat tam­bang liar di Solok Selatan, Noer Ali mengaku belum me­ne­mukannya. Padahal, kebera­daan penambang dan pengu­saha tambang asing sudah menjadi rahasia umum di te­ngah masyarakat Solsel.
Laporan dari Polres Solok Selatan sebagaimana disampaikan Kapolres Solok Selatan, AKBP Djoko Trisulo menga­takan telah melengkapi berkas 10 operator yang ditangkap di areal pertambangan dan ber­kas­nya telah dilimpahkan ke Ke­jaksaan Negeri Solok Selatan dan ke-10 sudah menjadi tahanan jaksa. Sedangkan 17 ekskavator yang sebelumnya dijaring ma­sih dalam pengawasan Polres Sol­sel. Dua di antaranya ma­sih diamankan di Polres, sedang­kan 15 lainnya diaman­kan di lo­kasi penemuan. Alat kerjanya dan sudah diberi ga­ris polisi. (mra)

Filed in: Daerah, Sumatera

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkini

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.