Comments Off

Tapteng Negeri Wisata Sejuta Pesona

Pula Mursala, salah satu wisata Tapteng


MEDAN, Inspirasi Bangsa (4/4)— Pengunjung (Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 42 antusias menggali informasi terkait dengan objek wisata Tapteng, di Paviliun Tapteng arena PRSU Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto Medan, Selasa malam lalu.
Maklum saja, negeri wisata sejuta pesona ini memiliki seabrek objek wisata yang memukau wisatawan.
“Lihat saja saat kita memasuki paviliun Tapteng, kita sudah disuguhi dengan miniatur objek wisata pulau mursala. Yang sangat indah. Ada pula pantai kahona yang mirip pantai di pulau Bali,” ujar Penanggungjawab Paviliun Tapteng yang juga menjabat sebagai sebagai Kepala Bagian Perekonomian dan pembangunan Setdakab Tapteng Berlin Doloksaribu SE, kepada wartawan, Selasa lalu.
Menurutnya ada ratusan pulau dan sejumlah pantai yang menawan seperti, pulau Mursala berjarak 15 Mil ke pandan, di pulau yang terletak di kecamatan Tapian Nauli ini, ada air terjun yang sangat indah. Lebih menarik lagi, ada terumbu karang dan ikan nemo yang dipertemukan air tawar dan air laut.
Pesona lainnnya, dijelaskan Berlin, yang terhampar di pulau Situngkus, Pulau Porlak, Pulau Bakkar, pulau Batu, Pulau Raja Jangi, pulau Putih dan pulau putri ruduk.
Sedangkan wisata pantai, meliputi pantai bakkar, pandan, muara, binasi, terumbu karang pantai botot, pantai sitiris- tiris dan lainnya.
“Ada juga wisata air terjun seperti air terjun pane, aloban , sibuni- buni, aek nabobar, parhonangan gajah, air terjun golkar, aek horsik, ake miranti dan air terjun Huraraja. Siabal-abal,” ujar Berlin.
Menurutnya juga, di Tapteng ada wisata sejarah masuk Islam pwertama di Tapteng seperti, di Barus ada makam Mahligai, makam papan, makam tuan ambar, makam tuan ibrahim syah, makam tuan macdum. Di Bonan Dolok ada tugu perjuangan, makam Ferdinand L Tobing, makam raja Panggabean dan di Andam Deli ada batu Ping.
Untuk itu kata Berlin, Tapteng dilengkapi dengan hotel berbintang dan bandara yang dalam waktu dekat sudah akan masuk pesawat garuda langsung Tapteng- Jakarta.” Sementara ini baru pesawat wing Air yang masuk mengangkut penumpang,” ujar Berlin.
Semua ini lanjut Berlin dilakukan bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang SH MHum untuk memberdayakan dunia pariwisata Tapteng” ini dapat dilihat banyaknya partis ibukota, tokoh nasioanl dan publik vigur yang datang ke Tapteng,” ujar Berlin.(Bar)

Filed in: Daerah, Sumatera Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.