Comments Off

Wisata Pemandian Air Panas Tulehu

Wisata Air Panas Tulehu


AMBON, Inspirasi Bangsa (5/4)— Mandi air panas, sesuatu yang menyenangkan. Apalagi khasiat air panas itu dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Sebuah wisata alternatif sekaligus menjadi terapi penyembuhan beberapa jenis penyakit bagi pengunjung.
Wisata pemandian air panas itu terletak di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Hampir setiap hari dikunjungi wisatawan lokal, dan dihari tertentu juga dikunjungi turis mancanegara.
Air panas Tulehu berkhasiat, karena beberapa pengunjung yang rutin datang ke tempat itu mengatakan sembuh dari beberapa penyakit. Selain dapat menyembuhkan, pengunjung merasa segar dan pulih dari kepenatan setelah mereka mandi di air panas Tulehu. Hasilnya, kesegaran tubuh dapat dirasakan karena setelah mandi, tubuh terasa ringan, namun tubuh agak berkeringat dan hal itu merupakan akibat dari stabilnya kembali peredaran darah yang berpengaruh hingga ke pori-pori tubuh.
Ibu Hapsa (62) menderita penyakit batuk dalam waktu lama, tetapi karena sering berkunjung ke air panas Tulehu, batuk menahun yang dideritanya telah sembuh. Kesembuhan yang dialami Ibu Hapsa juga dialami pengunjung lainnya. Ada yang menderita penyakit kulit, penyakit jantung, pernafasan dan beberapa penyakit lainnya, sembuh toptal setelah mandi di air panas Tulehu.
Belum ada penelitian ilmiah tentang khasiat mandi di air panas Tulehu. Tetapi sesuai keterangan pemilik, Ali Lestaluhu (42) apabila niat pengunjung untuk penyembuhan penyakit tertentu yang sedang diderita, tujuan pengunjung itu dapat tercapai. Hanya saja, pihaknya kini lebih fokus untuk pengembangan air panas tersebut sebagai tempat wisata, bukan sebagai terapi kesehatan.
“Jadi silahkan saja, bila mandi untuk pengobatan, silahkan. Tetapi kami tidak menyediakan tempat khusus bagi yang sakit, karena pemandian ini dikelola untuk tempat umum,” ungkap Lestaluhu.
Untuk masuk ke lokasi pemandian, pengunjung cukup dikenakan tarif Rp. 5000 bagi dewasa dan Rp. 2500 bagi anak-anak. Menuju ke lokasi air panas, kita harus mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat. Dari Kota Ambon menuju Negeri Tulehu, kita akan menempuh waktu kurang lebih satu jam. Biasanya, lokasi wisata itu sangat padat di hari libur, hari sabtu dan minggu serta hari-hari libur nasional lainnya. (NMP)

Filed in: Daerah, Maluku Tags: 

Get Update

Bagikan Artikel

Artikel Terkait

© 2014 Inspirasi Bangsa. All rights reserved.